Skip to content

Cara Mengurus Rekomendasi Penelitian Lintas Provinsi

Mengurus izin penelitian terkadang memang melelahkan, tetapi karena hal ini merupakan salah satu syarat yang masuk ke dalam penelitian kita baik tugas akhir, skripsi, tesis atau disertasi, tetapi tetap harus diurus. Berikut ini adalah pengalaman saya dalam mengurus rekomendasi penelitian lintas provinsi. Saya kuliah di UGM Yogyakarta dan akan melakukan penelitian di kota domisili saya di Lamongan, Jawa Timur.

Awalnya saya harus meminta kepada kampus untuk membuat surat permohonan rekomendasi kepada Bakesbangpol Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, setalah itu saya menuju ke Bakesbangpol Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang letaknya sekitar 200 meter arah timur dari Monumen Tugu Yogyakarta

Di Bakesbangpol Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Saya harus membawa sebagai berikut:

  1. Surat permohonan izin dari kampus kepada Gubernur DIY c.q Bakesbangpol Prov Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Proposal yang sudah dijilid
  3. Meterai
  4. Foto kopi KTP dan KTM

Selanjutnya mengambil formulir di Bakesbangpol DIY, diisi dan ditandatangani. Tidak sampai setengah jam surat rekomendasi penelitian kepada Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur sudah jadi. Tinggal memfoto kopi sebanyak 5 lembar. kemudian kembali untuk mendapatkan stempel dari Bakesbangpol Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan catatan setelah 6 bulan melakukan penelitian harus mengirimkan hasil penelitian ke Bakesbangpol Provinsi DIY. Alhamdulillah proses di Yogyakarta selesai dalam waktu sehari saja, selanjutnya keesokan harinya saya meluncur ke Surabaya untuk menuju ke Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur.

Di Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur

Saya harus membawa sebagai berikut:

  1. Surat rekomendasi penelitian dari Bakesbangpol Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Proposal yang sudah dijilid
  3. Foto kopi KTP

Selanjutnya mengambil formulir di Bakebangpol Provinsi Jawa Timur, diisi dan ditandatangani. Sekitar setengah jam surat rekomendasi penelitian kepada Bakesbangpol Kabupaten Lamongan sudah jadi. Di Bakesbangpol Provinsi Jawa timur tidak perlu melakukan foto kopi karena sudah difotokopikan oleh Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur, selain itu karena kantornya terpencil jauh dari tempat foto kopi juga sih.

Di Bakesbangpol Kabupaten Lamongan

Saya harus membawa sebagai berikut:

  1. Surat rekomendasi penelitian dari Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur
  2. Proposal yang sudah dijilid
  3. Foto kopi KTP

Mengisi formulir yang disediakan oleh Bakesbangpol Kabupaten Lamongan dan ditandatangani. Setelah itu disuruh pulang agar keesokan harinya disuruh mengambil. Keesokan harinya surat sudah jadi, kemudian disuruh foto kopi untuk distempel basah dan dikirim ke masing-masing lokasi penelitian dan beberapa kantor.

Demikian pengalaman saya dalam mengurus izin/rekomendasi penelitian lintas provinsi.

Mochammad Kurniawan

Seorang yang hobi mengoprek segala sesuatu tentang komputer dan smartphone. Menyukai semua yang berbau opensource, meski tidak alergi dengan properiaty software. Senang berbagi informasi tentang teknologi informasi dan kegiatan sehari-hari

4 Comments

  1. Mas, Permendagri 3/2018 belum jalan ya sampe sekarang?
    Saya juga mau neliti ke Jatim

      • Siap mas, makasih banyak mas. Berarti cukup rekom dari Bakesbang Prov Asal ya mas? Ijin dari kampus tidak usah gpp?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.